PENGGUNAAN HURUF KAPITAL PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 17 CIPUTAT
DOI:
https://doi.org/10.47313/pujangga.v6i1.851Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih banyaknya kesalahan penulisan huruf kapital yang dilakukan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 17 Ciputat pada saat menulis karangan narasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesalahan penggunaan huruf kapital pada karangan narasi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 17 Ciputat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi dan metode observasi. Penggunaan huruf kapital yang akan dibahas adalah tingkat ketepatan penggunaan huruf kapital sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Diperoleh hasil bahwa tingkat ketepatan penggunaan huruf kapital yang sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) secara umum berada pada tingkat cukup baik (41--60) tepatnya 58,2% yang sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Kata Kunci: Huruf Kapital, Karangan Narasi, Siswa ABSTRACT This research is motivated because there are still many mistakes in writing capital letters made by students of class VII Ciputat Muhammadiyah 17 Junior High School when writing narrative essays. This study aims to determine the level of error in the use of capital letters in the narrative essay of VII grade students of SMP Muhammadiyah 17 Ciputat. The method used in this research is the description method and the observation method. The use of capital letters that will be discussed is the level of accuracy of the use of capital letters according to the General Guidelines for Indonesian Spelling (PUEBI). The results show that the level of accuracy of the use of capital letters in accordance with the General Guidelines for Indonesian Spelling (PUEBI) in general is at a fairly good level (41-60) to be exact 58.2% in accordance with the General Guidelines for Indonesian Spelling (PUEBI). Keywords: Capital Letter, Narrative Essay, StudentsReferences
Arifin, E. Zaenal dan A. Amran Tasai. 2008. Cermat Berbahasa Indonesia. Edisi Revisi. Jakarta:
Akademia Pressindo.
__________________________. 2010. Cermat Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Mandiri.
Arifin, E. Zaenal, dkk. 2014. Pengembangan dan Pembinaan Bahasa; pada Era Teknologi
Informasi. Jakarta: Pusaka Mandiri.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidiikan dan Kebudayaan. 2011.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan
Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta.
Effendi, S. 2015. Tata Bahasa Materi Bahasa Indonesia. Jakarta : Rosda.
Finoza, Lamuddin. 1999. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia
Kridalaksana, Harimurti. 2007. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia.
Sudjana, Nana. 2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Solo : Sinar Baru Algensindo.
Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta:
Yuma Pustaka.
Sodikin, Muhammad. 2019. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta Mitra Wacana
Media.
Wridah, Ernawati. 2008. EYD dan Seputar Kebahasa-Indonesiaan. Jakarta: Kawan Pustaka.
Jurnal Kreativitas Vol. 3 No. 1 Januari 2014, 17--28, perpusnas.go.id, (diakses tanggal 9
Desember 2015)
http//:www.elib.unikom.ac.id, (diakses tanggal 9 Desember 2015).
http//: www.eprints.upnjatim.ac.id, (diakses tanggal 9 Desember 2015).
badanbahasa.kemdikbud.go.id.PUEBI (diakses tanggal 28 November 2016)