THE APPLICATION OF MONTESSORI METHOD TO A CHILD'S DEVELOPMENT IN ENGLISH READING AND WRITING SKILLS (CASE STUDY)

Authors

  • Intan Firdaus Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/pujangga.v3i2.439

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah seorang anak dapat menguasai kemampuan membaca dan menulis bahasa Inggris secara efektif dengan menggunakan Metode Montessori, dan untuk menjelaskan perkembangan anak dengan menggunakan Metode Montessori untuk belajar membaca dan menulis bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing. Dalam penelitian ini peneliti menerapkan metode kualitatif, semua data yang dianalisis, berupa deskripsi fenomena, bukan dalam bentuk angka tapi dalam bentuk kata-kata. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah sesi rekaman dan sesi pencatatan. Efektivitas dan perkembangan anak terlihat teori  faktor-faktor yang umumnya dianggap relevan dengan pembelajaran bahasa, seperti kecerdasan, kemampuan, preferensi peserta didik. Hasi penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan Metode Montessori, anak mampu mengenali dan menghafal suara baru dengan mudah, kata-kata yang memiliki suara campuran dan juga suara diftong. Karena materi Montessori melibatkan semua sisi visual, aural dan kinestetik, anak dapat menyesuaikan semua pelajaran dengan mudah saat dia menggunakannya. Butuh waktu kurang dari 3 bulan untuk bisa membaca dan menulis dalam bahasa Inggris dengan menggunakan Metode Montessori. Apalagi anak itu antusias dan suka belajar dan mengikuti semua langkah yang ditempuh Montessori karena Metode Montessori menggunakan benda nyata, gambar nyata sehingga anak bisa menyentuh dan merasakan bahan yang mempengaruhi kerja otak mereka dan disamping itu juga menarik perhatian anak.

References

Amilluddin.1990. Pengembangan Penelitian Kualitatif. Malang: Yayasan Asah Asih Asuh Malang.

Faryadi, Qais. 2009. MASAUM Journal of Open Problems in Science and Engineering, Vol.1, No.2, November.

Genesse, F. 1976. The Role of Intelligence in Second Language Learning. Language Learning Research Club. University of Michigan.

Hyltenstam, K. and Obler, L.K., (Eds.). 1989.Bilingualism across the Lifespan: Acquisition, Maturity, and Loss. Cambridge: Cambridge University Press

Holsinger, Rufus W., Fredrick Heblich, and Cecil C. Walters. 1978. Holsinger’s Charlot-tesville, 1890--1925: Selected Photographs from the Collection of Rufus W. Holsinger

Lightbown, Patsy, and Nina Spada. 1999. How Languages are Learned. Los Angeles

California University.

Montessori, Maria (1912) 1964. The Montessori Method.

———. (1948) 1976. From Childhood to Adolescence Including “Erdkinder” and the Functions of the University.

Wilkinson, David. 2000. The Researcher’s Toolkit The Complete Guide to Practitioner Research. London: Cambridge University

Downloads

Published

2018-09-05